Penyebab dan Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin / Kulkas 2 Pintu 2018

Penyebab dan Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin. Ada banyak langkah untuk mengerti penyebab kulkas tidak dingin. Salah satunya yakni bersama dengan mengecek semua komponen apakah didalam keadaan baik dengan kata lain tidak tersedia yang rusak. Tentu ini bukan kasus yang ringan terkecuali kamu bukanlah seorang teknisi, atau seseorang yang tidak mengerti kasus kulkas.



Kerusakan yang berlangsung terhadap kulkas kebanyakan tersedia yang di tandai bersama dengan nada mesin berdengung keras, evaporator bocor ketusuk benda tajam, dan tidak sedikit terhitung yang secara tiba-tiba kulkas tidak dingin. Mungkin kamu akan jadi panik terkecuali mengalami seperti ini, dikarenakan makanan yang tersedia di didalam kulkas tetap banyak, dan kamu kuatir terkecuali nantinya menjadi busuk / basi semua.

Namun saat ini kamu tidak harus panik lagi, dikarenakan terhadap artikel ini akan membahas berberapa aspek yang menjadi penyebab kulkas dingin. Untuk model kulkas sendiri tersedia 2 macam, yakni kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Yang pastinya kasus terhitung berbeda-beda.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin
1# Evaporator Bocor

Evaporator bocor dapat mengakibatkan kulkas tidak dingin. Karena gas freon pasti akan nampak semua, kebanyakan ini di mengakibatkan dikarenakan terkena tusukan benda tajam. Misalnya kamu kesusahan kala mengambil es batu, dikarenakan tersedia bunga es amat banyak, sesudah itu kamu Mengenakan pisau sehingga tidak kamu sadari pisau tersebut tentang evaporator. Untuk tips kamu dapat baca artikel langkah memelihara kulkas yang benar.

2# Thermostat Putus Alias Tidak Berfungsi

Pada kulkas terdapat otomatis pengatur suhu yang namanya Thermostat. Dan terkecuali thermostat ini putus, pasti kompresor tidak akan mendapat kiriman listrik. Sehingga kulkas menjadi tidak dingin. Jangan lupa terhitung baca faedah thermostat terhadap kulkas.

3# Overload Rusak

Overload ini letaknya menempel terhadap kompresor. Alat ini berfungsi sebagai otomatis atau semacam relay. Jika berlangsung panas berlebih terhadap kompresor, makan overload ini akan memutus arus yang masuk ke kompresor. Sehinga ini menjadi tidak benar satu penyebab kulkas tidak dingin. 

4# Terjadi Buntu / Mampet Pada Instalasi Freon

Masalah seperti ini biasa berlangsung terhadap semua model pendingin, baik freezer, chiller, upright freezer. Gejalanya yakni kondensor terkecuali kamu pegang bagian samping kanan kiri atau belakang kulkas tidak jadi panas sama sekali.Hal ini disebabkan dikarenakan sirkulasi freon mampet terhadap pipa kapiler.

5# Pintu Kulkas Tidak Rapat Saat di Tutup

Pintu kulkas yang longgar terhitung dapat mengakibatkan kulkas tidak dingin. Karena hawa dingin yang tersedia didalam kulkas akan tetap keluar. Biasanya perihal ini berlangsung dikarenakan pada magnet dan karet pintu kulkas sudah tidak lengket lagi. Solusinya kamu dapat pindah karet pintu tersebut bersama dengan yang baru.

6# Kompresor Lemah / Ampere Tinggi

Kompresor adalah jantung berasal dari semua komponen terhadap kulkas, sehingga terkecuali ini lemah atau mati kulkas tidak dapat dingin sebagai mana faedah utamanya. Untuk solusinya kamu dapat pindah kompresor baru, atau yang second namun tetap 90% normal.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin
Penyebab-penyebab yang mengakibatkan kulkas 1 pintu tidak dingin terhitung dapat berlangsung terhadap kulkas 2 pintu, namun tersedia beberapa komponen kulkas yang tidak terhadap kulkas 1 pintu, dan cuma tersedia terhadap kulkas 2 pintu yang mengakibatkan tidak dingin.

1# Timer Sudah Tidak Normal

Ini maksudnya yakni timer otomatis sudah tidak dapat berputar bersama dengan sempurna. Timer ini berfungsi untuk sesuaikan semua komponen terhadap kulkas. Alat ini pun cuma terdapat terhadap kulkas 2 pintu, dan terkecuali timer ini rusak terhitung dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Untuk lebih lanjut dapat baca pengertian dan faedah timer terhadap kulkas.

2# Kipas FAN Rusak Alias tidak Berputar

Kipas fan rusak atau tidak berputar mengakibatkan dingin yang tersedia terhadap evaporator tidak dapat menyebar ke didalam ruangan kulkas, sehingga terhadap bagian freezer akan mengalami ngeblok menjadi es semu. Tentu ini terhitung dapat mengakibatkan kulkas kamu tidak dingin. Kipas FAN yang saya maksud ini yakni kipas FAN yang tersedia terhadap bagian freezer maupun yang di bawah dekat kompresor. Ini terhitung cuma terdapat kulkas 2 pintu atau kulkas ukuran besar.

3# Fuse / Heater Putus

Fuse ini letaknya di didalam bagian freezer atas, ini berfungsi untuk mencairkan bunga es. Jika fuse ini rusak maka terhitung dapat mengakibatkan bunga es yang amat banyak, sehingga kulkas tidak dapat dingin. 


Bagaimana cara memperbaiki kulkas tidak dingin ?. Pertanyaan tersebut sering kali saya jumpai di forum pelayanan AC dan kulkas. Tentu untuk menjawabnya harus dengan ilmu dan juga cara cara yang ringan di pahami. Supaya orang yang bertanya pun tidak bingung atau malah pusing akibat jawaban yang tidak jelas. Oleh dikarenakan itu, alangkah bagusnya kalau saya buatkan panduan di blog ini, agar orang lain yang membawa pertanyaan yang mirip juga terjawab semua dalam postingan ini.

Bagaimana cara memperbaiki kulkas tidak dingin?

Dalam menangani lemari es yang tidak dingin, tentu dapat lebih ringan kalau kita telah mengetahui penyebabnya. Karena dengan begitu kita dapat mengetahui apa yang harus di periksa lebih-lebih dahulu, agar kita tidak salah cara dalam bertindak. 

Selain itu, perihal yang tak kalah penting yakni mengetahui gejalanya seperti apa yang memicu lemari es tersebut tidak dingin. Sehingga pada postingan yang menjelaskan cara memperbaiki kulkas tidak dingin kali ini pun dengan berdasarkan tanda-tanda tanda-tanda yang lazim terjadi. Gejala tanda-tanda tersebut pada lain :

  • Lemari es tiba tiba mati dan tidak dingin.
  • Mesin kompresor mati dan tidak berkenan hidup lagi.
  • Kulkas jadi tidak dingin setelah dibersihkan.

Dengan begitu, pembaca mampu memilih panduan mana yang kiranya cocok dengan masalah yang tengah dihadapi. Perlu saya ingatkan, panduan ini mampu Anda terapkan untuk lemari es baik yang style satu atau dua pintu. dan kalau Anda ragu, sebaiknya usahakan bertanya dulu sebelum saat bertindak, atau langsung panggil teknisi yang telah berpengalaman. Baik, kalau Anda tertarik untuk mengikuti panduan cara memperbaiki kulkas tidak dingin ini, silakan review lebih dari satu cara cara tersebut ini.

Memperbaiki Kulkas yang Tiba Tiba Mati dan Tidak Dingin
1. Periksa Kabel Power Supply dan juga Relay

Hal pertama yang harus di check adalah kabel power supply. Pastikan kabel tersebut tidak ada yang putus, dan begitu juga pada bagian relay. Kita mampu memanfaatkan multitester untuk memastikan kabel atau relay tersebut masih terkandung jalinan pada ujung satu dengan ujung yang satunya.

Apabila ternyata kabelnya putus, silakan sambung memanfaatkan solasi. Sama halnya kalau ini berjalan pada relay, silakan ubah relay tersebut dengan yang baru. Kalau sudah, silakan colokan kabel power kulkas ke listrik. Jika mesin kompresor senantiasa tidak berkenan hidup, kita lanjutkan ke cara berikutnya.

2. Periksa Komponen Overload

Overload ini punya manfaat untuk mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin kompresor. Jadi, bimetal pada overload ini putus, keropos atau tidak sedikit yang terbakar, otomatis mesin pun tidak mampu hidup. Cara paling ringan mengedentifikasi overload tersebut masih bagus atau tidak yakni dengan memandang kondisinya.

Jika keropos atau terkandung bekas terbakar, besar mungkin overload itu telah rusak. Supaya lebih pasti, silakan di ubah saja dengan yang baru. 

3. Periksa Thermostat atau Timer Otomatis

Setelah di check ternyata baik kabel, relay, dan overload bagus semua tetapi mesin senantiasa mati, saat ini coba periksa pada bagian thermostat. Alat ini letaknya dibagian dalam kulkas. Untuk memeriksanya memanfaatkan multi tester dengan posisi range pada oHm ( Ω ). Kemudian hubungkan kabel pada multitester dengan ke-2 socket thermostat, sambil knop nya di putar searah jarum jam.

Jika terkandung jalinan artinya bagus, kalau tidak ada artinya sebaliknya. Jika telah ketahuan tentu thermostat nya yang mempunyai masalah silakan ubah yang baru.

Dan untuk kulkas yang style 2 pintu ada satu ulang yang harus di cek, yakni timer otomatis. Letaknya ada yang di dalam kulkas bagian bawah, ada juga yang dibelakang kulkas dekat mesin kompresor. Untuk memastikan timer tersebut masih bagus atau tidak, silakan putar ke kanan hingga terdengar bunyi “tik” sebanyak dua kali. 
Ketiga komponen itulah yang harus di cek kalau mesin kulkas tiba tiba mati. Dan bila seluruhnya dalam situasi normal tetapi mesin senantiasa saja masih tidak berkenan hidup, besar mungkin itu sesungguhnya dikarenakan kompresor tersebut telah mati. Supaya lebih pasti, silakan periksa dengan cara tersebut ini.

Cara Memeriksa Kompresor Kulkas Masih Bagus atau Tidak :

1. Persiapkan multitester dengan posisi pada range oHm ( Ω ).

2. Hubungkan socket pada kompresor dengan body kompresor memanfaatkan kabel multitester tersebut.

3. Terakhir memandang pada layar multitester, kalau jarum tidak menunjukan terdapatnya suatu jalinan itu artinya bagus. dan kalau ada hubungan, artinya kompresor tersebut telah kontak body dalam kata lain telah konslet.

Apabila kompresor kulkas tersebut sering mati hidup sendiri, walau kita telah mengatur pada suhu yang paling rendah. Kita juga mampu memeriksa kondisinya dengan memandang nilai ampere kompresor tersebut. Nilai rata rata ampere kompresor kulkas yang normal yakni pada 0,5 A hingga 1 A. Tentunya juga tergantung besar kecilnya ukuran kompresor itu juga.

Apabila rusaknya telah berjalan pada mesin kompresor, telah tidak mampu diperbaiki kembali. Bisa sih bisa, tetapi mungkin besar tidak dapat tahan lama. Sehingga banyak teknisinya menganjurkan untuk menggantinya dengan yang baru atau bekas, tetapi masih punya performa yang masih bagus.

Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Setelah dibersihkan
Pada kala membersihkan bunga es, biasanya kita memutar knop thermostat atau mematikannya. dan kala telah selesai, sering kali kita lupa untuk mengembalikan pengaturan thermostat ke posisi semula. Tentu akibatnya lemari es jadi tidak cukup dingin atau bahkan tidak dingin dikarenakan kompresor tidak berkenan start. Oleh dikarenakan itu pastikan lebih-lebih dahulu bahwa settingan thermostat tersebut telah benar.

Kulkas yang tidak dingin setelah dibersihkan juga mampu dikarenakan dari kekeliruan pengguna itu sendiri. Salah satunya yakni membersihkan bunga es dengan memanfaatkan benda tajam. Akibatnya, evaporator ke tusuk agar berjalan kebocoran freon. Untuk memperbaikinya tentu kita harus menambal kebocoran tersebut Mengenakan lem khusus, lantas di isi freon dari NOL lagi.

Itulah lebih dari satu cara memperbaiki kulkas tidak dingin berdasarkan tanda-tanda yang biasa terjadi. Walaupun begitu, tidak menutup mungkin bila tanda-tanda tanda-tanda tak sekedar yang saya sampaikan di atas juga berjalan di lapangan. Sehingga, kalau perihal tersebut adalah masalah yang tengah Anda hadapi, silakan tanyakan lewat kolom komentar. Tentunya saya juga dapat terlalu senang kalau mampu menolong Anda, menerima kasih dan semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron