Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total

Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total

Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total - Dua hari yang lalu saya di suruh memperbaiki tv polytron minimax dengan type 20323,dengan kerusakan setiap kali TV polytron ini di nyalakan, meteran listrik langsung jeplak (stut turun).Maklum lah, pemiliknya kan nggak tahu apa-apa soal elektronik khususnya TV. Ditambah lagi dengan TV polytron miliknya tiba-tiba rusak seperti ini. Karena saya waktu itu terburu-buru karena ada keperluan lain, maka TV polytron tadi langsung saya bawa pulang saja untuk di bongkar nanti dirumah.

Setelah keperluan saya yang lain tadi selesai, langsung saya bongkar TV POLYTRON tadi. Kali ini saya mulai dari memeriksa dibagian power karena sudah jelas keluhannya ke meteran listri langsung off. Setelah saya periksa sana-sini khususnya di bagian regulator, ternyata tr FS7UM nya sudah short dan tr kecil 2 buah yaitu c1815 dan c1015 yang juga short dan seklaigus mengganti 2 elcho (elektrolit condensator) yang sudah pada gembung.

Setelah semua bagian power di cek dan komponen tadi di ganti, kemudian saya coba hidupkan TV polytron tadi, ternyata ada suaranya tapi gambar masih gelap. Lalu saya coba ukur tegangan G2(screen), vertikal, RGB,Heater, teg ke IC Matrik dan juga 5volt nya,semuanya sudah ada. Setelah beberapa jam lamanya saya coba menganalisa, akhirnya ketemu, mungkin ini biang keroknya yaitu tegangan 5volt yang meniju ke sensor tidak ada (0 volt). Saya coba telusuri jalurnya, dan akhirnya ke temu elcho 10m/50volt dekat IC Micom.

Setelah saya lakukan penggantian elcho tadi, lalu saya coba tes kesekian kalinya, jebreet....akhirnya TV Polytron bisa nyala dengan normal.

Sebelumnya pernah juga saya Memperbaiki TV Polytron Ultra Slim Mati Total, namun setelah saya periksa dan saya lakukan penggantian seperti di atas, ternyata TV polytron ini tidak kunjung sembuh dari sakitnya. Memang sih TV sudah bisa dibilang nyala, tapi gambarnya seperti ada pelangi (warna-warni) sperti gambar di bawah ini:

Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total

Sepintas saya mengira layar seperti ini biasanya mungkin karena terkena magnet dari speaker yang tidak di netralkan, misalnya dari speaker aktif atau yang lain. 

Bukan hanya itu saja kerusakannya, Setelah TV dinyalakan sekitar 2 detik langsung kembali mati (stanby) Awalnya sempat berpikir juga sih, jika kerusakan seperti itu biasanya rusak di bagian Vertikal (ini pengalaman saya).

Dari pemeriksaan awal, Setelah cover belakang di buka,say amati kondisi fisik komponen di block Vertikal dan PCB bagian bawah, ternyata banyak timah solderan yang sudah retak,dan saya juga mendapati beberapa Elcho banyak yang Kusam bahkan kering.

Tanpa pikir panjang, langsung saya ganti saja Elco-Elco yang kusam tadi dan menyolder ulang bagian Vertikal dan sekitarnya. Setelah Selesai selesai semua, saya coba hidupkan TV polytro ini, Jebreeet... langsung deh muncul gambar dan suaranya. Lumayan akhirnya bisa gajian juga.

Itu tadi tips dari saya tentang Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total yang mungkin dapat membantu mengatasi masalah sobat. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron