Memperbaiki Power Amplifier Tidak Ada Suara

Memperbaiki Power Amplifier Tidak Ada Suara

Kemarin siang ada tetanggan saya bawa power amplifier rakitan yang rusak dengan keluhan tidak ada suara sama sekali. Biasanya hal pertama yang saya lakukan adalah menghubungkan speaker pada jack output untuk melihat apakah suara memang benar-benar tidak ada. Pemeriksaan lainnya adalah memeriksa tegangan DC output di speaker output jack. Disini tidak boleh ada tegangan DC dan saat pengekan terukur ada tegangan 24 volt DC. Itu artinya transistor daya internal sudah korsleting.

Power amplifier tidak ada suara

Dari pemeriksaan fisik sementara, saya menemukan dua elco kecil sudah kembung, beberapa resistor terbakar. Jika sebuah resistor ditemukan terbakar, ini berarti transistor penguat daya utama juga akan korsleting. Benar saja, ketika saya ukur dengan multitester, kaki BCE transistor final sudah pada sambung semua. TR finalnya adalah TIP 2955 dan 3055. Dari pengalaman sebelumnya, jika sekali Anda telah menemukan transistor final pada power sudah korsleting, Anda juga harus memeriksa semua komponen di sekitar sirkuit tersebut yang terkait.

Setelah cek satu persatu komponen power, saya menemukan banyak komponen yang sudah rusak, short dan hangus terbakar. Power amplifier ini adalah 150 watt stereo. Saya hitung ada 8 komponen secara keseluruhan yang rusak. Setelah saya ganti semua komponen yang rusak tadi, waktunya tes, dan power amplifier sudah bisa berbunyi. Colokkan jack dari CD player suara sudah normal.

Jika anda mendapati kerusakan power amplifier seperti ini, "TR final terbakar" jangan hanya mengganti TR tadi saja. Apalagi jika sudah terlihat ada komponen yang gosong atau pecah. Periksa dulu komponen pendukung yang lain, kemungkinan besar pasti yang rusak, misalnya elco dan diode.

Semoga tips singkat tentang cara Memperbaiki Power Amplifier Tidak Ada Suara bisa bermanfaat untuk anda.

terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron