Menggulung Dinamo Generator 10 KW 3 Phase (Lengkap Gambar)

Menggulung Dinamo Generator 10 KW 3 Phase (Lengkap Gambar)

Pengertian singkat dari dinamo (Generator) adalah merupakan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan induksi elektromagnetik. Induksi elektromagnetik banyak digunakan untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik sepeti dalam dinamo sepeda. Dinamo dibedakan dalam dinamo arus bolak balik dan dinamo arus searah.

Namun kali ini saya bukan ingin menjelaskan secara rinci bagaimana cara kerja dinamo generator itu sendiri. Melainkan saya akan mengulas bagaimana cara menggulung dinamo generator 3 phase dan berkapasitas 10 KW. 

OK, langsung saja kita mulai dari proses penggulungan dinamo generatornya, berikut prosesnya:

1. Buatlah cetakan sederhana untuk melilit kawat imailnya yaitu untuk kawat phase 1, 2 dan 3. Lalu lilitlah kawat phase 1, 2 dan 3 tadi dengan cara di dobel 2 langsung.

Cetakan sederhana untuk lilitan kawat imail

2. Untuk phase 1, gunakan ukuran kawat imail berdiameter 1,05 mm dan kawat di dobel 2 sebanyak 21 lilitan. Kemudian buatlah sebanyak 4 group dan masing-masing group terdiri dari 3 untir x 21 lilit.

Ukuran kawat 1.05 mm 4 group

3.  Untuk phase 2 juga sama yaitu gunakan gunakan ukuran kawat imail berdiameter 1,05 mm dan kawat di dobel 2 sebanyak 21 lilitan. Kemudian buatlah sebanyak 4 group dan masing-masing group terdiri dari 3 untir x 21 lilit.

Ukuran kawat 1.05 mm 4 group

4. Untuk phase 3 juga masih sama yaitu dengan menggunakan ukuran kawat imail berdiameter 1,05 mm dan kawat di dobel 2 sebanyak 21 lilitan. Kemudian buatlah sebanyak 4 group dan masing-masing group terdiri dari 3 untir x 21 lilit.

Gulungan sekunder untuk phase 1

5. Pada gulungan sekunder phase 1,2 dan 3, gunakan kawat imail tunggal berdiameter 0,90 mm sebanyak 25 lilit dan buatlah 6 untir.


6. Selanjutnya masukkan gulungan pada masing-masing phase dengan cara berurutan jarak lubang 8 masuk, yaitu :
-  Phase 1 ke group 1
-  Phase 2 ke group 1
-  Phase 3 ke group 1
Lanjutkan dengan memasukkan
- Phase 1 ke group 2
- Phase 2 ke group 2
- Phase 3 ke group 2
Terakhir masukkan:
- Phase 1 ke group 3
- Phase 2 ke group 3
- Phase 3 ke group 3

Memasukkan gulungan masing-masing 2 phase

Keterangan:
Untuk ukuran kawat imail usahakan sesuai dengan aslinya supaya kapasitas energi yang dihasilkan masih tatap sama seperti semula.

Itu tadi tips dari saya tentang bagaimana Menggulung Dinamo Generator 10 KW 3 Phase (Lengkap Gambar). Semoga bermanfaat dan dselamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron