LG Pearl Black Gambar Lama-Lama Gelap Disertai garis Tipis

LG Pearl Black Gambar Lama-Lama Gelap Disertai garis Tipis

Mungkin kerusakan seperti ini biasa kita temui sudah tidak asing lagi buat tukang reparasi TV, namun mungkin masih ada yang belum mengerti solusinya. Kebetulan ini saya ambil dari pengalaman saya beberapa waktu lalu. Seperti yang saya bilang tadi, Tepatnya gejala awal saat TV ini di hidupkan normal, gambar ada tapi semakin lama semakin gelap dan warna menjadi pecah seperti melihat gambar yg di warnai dengan spidol warna,Dan di sertai dengan garis-garis tipis tipis.

Di ukur tegangan 180V masih normal,screen normal,tegangn RGN yg ke croma normal. Di adjust screen berubah terang tapi langsung gelap lagi,saya coba di ganti ic RGB yang di matrik dengan seri TDA 6107AJF/N1 karena seri IC itu stok saya habis, jadi saya pakai TDA 6107JF. Ternyata-eh ternyata, gambarnya malah jadi merah bergaris-garis tipis dan tambah gelap screen playback sepertinya malah tidak berfungsi sama sekali.

Saya coba cari IC TDA 6107AJF/N1 di toko elektronik, juga gak ada , tapi dikasih tahu sama si penjual bisa ganti pakai TDA 6107JF itu sama saja. Karena saya sudah putus asa dan pusing tujuh keliling kesana-kemari cari IC gak nemu juga, akhirnya oklah... beli ic itu. mungkin IC TDA yang aku pasang tadi sudah rusak. Sewaktu di pasang ic yg baru gambar malah berubah jadi BIRU bergaris-garis dan buram. Cek komponen di rangkaian ABL  semuanya normal-normal saja. Jadi tambah bingung nih.... Saya mulai mikir jangan-jangan playback yang sudah lemah di bagian screennya.

Kebetulan masih ada stok playback punya TV LG yang masih baru da tidak kepakai BSC 26-N2138. Langsung saya coba pasang, ternyata hasil nya sama saja gak ada perubahan sama sekali.

Saya coba lagi dengan ganti mesin punya TV wansonik yang slim untuk 29 inchi. Tujuannya untuk memastikan apakah tabungTV LG ini yang sudah rusak. Setelah saya pasang, ternyata juga masih sama saja, gambar gelap bergaris-garis tipis dan screen playback sama seperti tidak ada pungsinya.

Pemeriksaan berlanjut ke pin di tabung CRT, saya ukur ternyata gak ada yang short di G1. Disini saya mulai berfikir kalau tabung TV LG inilah yang sudah rusak. Jadi saya kembalikan mesin aslinya TV LG tadi seperti semula. 

Ternyata setelah saya pasang kembali mesin TV LG seperti semula, kemudian saya coba hidupkan TVnya. Jbreeet...gambar TV tib-tiba normal, hanya saja perlu di adjust sedikit karena screen playback tadi sempat di putar sana sini.

Kesimpulannya saya sementara, kemungkinan tabung TV yang sedikit bermasalah tetapi tidak terlalu fatal dan saat terkena tegangan yang sedikit berbeda bisa kembali normal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron