Warna Tidak Sinkron Pada TV LG

Warna Tidak Sinkron Pada TV LG

Beberapa waktu lalu saya dapat job memperbaiki TV LG model 29FU3RL-T1 dengan keluhan gambarnya melebar kesamping kiri dan kanan. Tidak hanya itu saja, gambar TV disertai tampilan warnanya yang kurang sinkron. Kata pemiliknya, TV sudah ditangani oleh dua tukang service. Jadi, saya yang ketiga kalinya disuruh servis TV LG tadi. Waduh, pasti tu mesin TV udah parah banget nih...

Ah positif tinking ajalah siapa tau ternyata saya bisa ngatasinya. Setelah dicoba hidupin TV sebentar ternyata benar, kerusakan sesuai dengan yang dikatakan pemiliknya. Langsung saja saya buka covernya, saya otak-atik sambil lihat kondisi fisik komponen. Mulai dari elco, diode, resistor, transistor sampai IC. Ternyata komponen tadi tidak terlihat ada yang gosong atau menggelembung. Saya balik pcb nya. Alamak... banyak banget bekas solderan yang sudah dilakukan. Ada yang dijamper pula. Soalnya ada jalur yang putus.

Kemudian coba saya nyalain lagi sambil test tegangan B+ nya ternyata  normal 115 volt. Lanjut pada pengecekan pada tegangan output horizontal. Lagi-lagi masih normal semua ternyata. Wah...wah...pasti bakalan lama nih ngopreknya...

Setelah saya cek sana-sini, saya mencurigai ada kapasitor di bagian horizontal. Lalu ane cek satu-persatu kapasitor tadi terutama yang mempunyai tegangan diatas 400 v. Lha dalah…. C senilai 270 n/ 400 volt ternyata terbaca cuma 100 volt. Pasti ini biang keroknya. Lalu saya menggantinya dengan yang baru dan tentunya dengan nilai yang sama. Byaarr... Gambar melebarya udah hilang alias sempurna. Tapi kok warna dan siarannya masih tetap nggak jelas alias kurang sinkron.

Oprek lagi... Masih saya urut lagi, kali ini cek komponen sekitar kapasitor tadi. Dan ternyata ada diode zener 12 v dan FET  nya jebol. Lha ini biang keroknya. Kemudian saya ganti yang baru dan harap-harap cemas semoga abis ini TV LG nya gak ngambek lagi. Abis itu saya hidupin lagi kesekian kalinya. Cetesss...Lho tv kok gak mau nyala tapi ada suara kayak radio aja. Tak lam lalu langsung padam total dan bunyi decit pada trafo switching.

Waduhhh... kok rusaknya sampai kisini sih, Hmmm...minum es dulu sambil mikir ah...

Saat nya ngoprek TV LG lagi. Setelah dicek kesekian kalinya ternyata saya tadi lupa untuk pasang socket defleksinya. lagi-lagi saya kurang teliti, akibatnya jadi gosong alias jebol transistornya nih. Untung saja masih punya stock TR Horizontal jadi gak perlu ke toko lagi .

Nah, setelah diganti dan cek sana-sini, pengetesan pun saya lakukan. Tadi sih saya lupa baca Bismillah… Sekarang Bismillah....ctesss... Tv menyala normal dan gambarnya jelas sekali. Saatnya saya bilang Alhamdulillah akhirnya bisa gajian ni.

Sekian dulu sobat tips singkat dari saya tentang Warna Tidak Sinkron Pada TV LG. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk sobat Panassoder.

Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron