Cara Mengatasi TV Cina Mati Total (Regulator Drop)

Cara Mengatasi TV Cina Mati Total (Regulator Drop)

Hallo sobat Panassoder, kali ini saya akan coba memberikan tips singkat tentang bagaimana Cara Mengatasi TV Cina Mati Total (Regulator Drop). Kebetulan penjelasan kali ini saya dapat dari pengalaman saya 2 hari lalu. Dimana saya kedatangan job TV cina yang mati total. Kata pemiliknya YV ini baru dibeli sekitar 2 bulan yang lalu. Dari pengalaman servis saya sebelumnya bahwa kerusakan seperti ini sudah jelas berasal dari power supply/regulator yang drop. Yang jadi masalah disini adalah komponen mana yang mengalami short.

Memang kerusakan mati total ini ada banyak penyebab kerusakannya, namun sebagian besar terjadi pada bagian block regulator/power supply. Karena power supply merupakan komponen yang memberikan tegangan ke seluruh bagian komponen mesin TV.


Disini saya sertakan juga skema rangkaian dan bagaimana cara kerja regulator/power supply TV cina. perhatikan gambar di bawak ini:

Cara Mengatasi TV Cina Mati Total (Regulator Drop)

Rangkaian power supply tv cina ini merupakan self oscilator yaitu transistor power V 513 bekerja sendiri dan membangkitkan osilasi sendiri. R 520 dan R 521 sebagai penyulut atau start-up untuk memberikan tegangan bias unuk hidup sementara.

Kemudian R519 dan C514 memberikan tegangan umpan balik dari colektor TR  V 513 sehingga TR V 513 hidup dan menimbulkan osilasi. Transistor C 3807 adalah sebagai driver atau pengontrol dan transistor A 1015 sebagai error detector mendapatkan umpan balik dari trafo sekunder melalui optokopler.

R 502 merupakan pembatas arus pada saat tv pertama di start atau dihidupkan elco besar C 506 dalam keadaan kosong, hal itu dapat menyedot arus yang sangat tinggi dalam start awal. juga melindungi diode bridge dari kerusakan . resistor tersebut sekarang sudah diganti yang berbentuk NTC dengan nilai 20-30 ohm (warna hitam). R 525 dan C 516 adalah rangkaian snuber. Zener VD 515 dan diode VD 518 serta resistor R 523 merupakan rangkaian protektor over voltage. Bila tegangan B+ naik maka tegangan pada pibn 1, maka trafo switching juga ikut naik dengan membatasi tegangan pada pin 1 ini dengan zener diode maka tegangan B+ yang over dapat dibatasi.

Jika anda masih mengalamii masalah lain dalam mengatasi masalah ini, anda bisa baca di tutorial Cara Ampuh Memperbaiki TV Mati Total Lengkap

Itu tadi tips singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi TV Cina Mati Total (Regulator Drop). Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron