Cara Memperbaiki Antena TV (Lengkap Gambar)

Cara Memperbaiki Antena TV di rumah anda juga akan berdampak pada gambar TV yang di gunakan. Gambar yang jernih, bersih dan tidak berbintik serta suara yang jelas menjadi kepuasan tersendiri, Sedangkan gambar TV kabur, buram dan tidak jelas , bahkan suara stereo terkadang muncul kadang menghilang, serta tidak semua channel bisa tertangkap saya yakin bisa membuat anda tidak nyaman dlam menonton TV. Hal ini dikarenakan sinyal dari antena yang diterima sangat lemah. Jaman sekarang mempunyai TVdirumah bisa di bilang kebutuhan, karena sebagai media elektronik untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Nah bagaimana jika acara TV kesukaan anda tiba-tiba tidak bisa ditonton karena banyak bintik-bintiknya alias semutnya. Suaranya pun seperti ada hujan atau gemuruhnya. Apapun penyebabnya anda pasti akan jengkel dan kesal saat melihat ada gangguan pada acara TV kesayangan anda.

Sebelum anda membeli antena sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis antena yang hendak digunakan, Secara umum antena yang sering digunakan pada TV adalah antena  indor dan outdor, perbedaan dari kedua antena terletak dari penempatan dan bentuknya. Antena indor biasanya ditempatkan didalam ruangan yang letaknya tidak jauh TV., seperti contoh antena bawaan televisi yang bisa ditarik-tarik atau yang berbentuk lingkaran, semua tergantung dari polaradiasi antenanya.

Berikut gambar antena Indor dan Outdor:

Antena Indor

Antena Indor

Penempatan antena TV Indor seperti di atas adalah di dalam ruangan, dan biasanya di dekat TV. Namun menurut saya, antena seperti ini kurang sempurna karena sinyal yang di tangkap sangat lemah karena berada di dalam ruangan.

Antena Outdor
Antena Outdor

Sedangkan pada antena jenis Outdor seoerti gambar di atas penempatannya di luar ruangan dengan ketinggian sekitar 5 sampai 6 meter. Jadi untuk kualitas sinyal yang bisa di tangkap akan jauh lebih sempurna. Hasilnya, gambar dan suara TV pun juga akan semakin bagus dan jernih. Tetapi antena outdor ini punya kekurangan yaitu resiko yang tinggi terhadap sambaran petir. jadi hati-hati saat menyalakan TV dengan menggunakan antena outdor ini di saat musim hujan.

Antena TV adalah bagian penting dan memiliki perenan yang juga sangat penting untuk menangkap sinyal atadu frekuensi. Untuk TV LED dan LCD jika ada gangguan pada antenanya biasanya bintik dan suara gemuruh akan terlihat lebih jelas. Jika dibandingkan dengan TV yang menggunakan tabung crt, mungkin karena ukuran resolusinya yang berbeda. Supaya gambar yang dihasilkan bisa lebih jernih setara kualitas DVD, bahkan ada yang menggunakan jaringan TV kabel atau memakai antena parabola.

Cara Memperbaiki Antena TV (Lengkap Gambar)

1. Ketahui posisi letak sebelum mememilih antena.
Antena yang biasa digunakan umumnya antena indor, antena outdor (yagi). Untuk penggunaan antena indor seperti antena bawaan TV biasanya digunakan didaerah yang dekat dengan pemancar TV atau relay TVnya. Sedangkan antena outdor seperti antena arahan yagi untuk posisi jauh dari pemancar pesawat televisi dan mengarahkan buntut atau ujung antena ke stasiun relay tv. untuk indor dan outdor tergantung jarak dan posisi letak antena, Sedangkan pada antena parabola tidak harus mengarahkan antena secara horizontal, melainkan mengarahkan antena menuju satelit langsung tanpa melalui relay pemancar stasiun TV lagi.

2. Memilih antena outdor yang bagus.
Jika sudah menggunakan antena luar (outdor) dipasang tinggi hingga 10 meter lebih tapi masih ada gangguan pada beberapa siaran tv yang kurang jernih atau hanya satu dua siaran saja yang bersih/jernih, hal ini bisa disebabkan karena posisi arah antena kurang tepat disiaran tv yang tidak jernih tersebut. untuk mensiasatinya sebaiknya gunakan antena yang mengunakan rotor hingga posisi antena bisa diarahkan.

3. Kabel Coaxial Antena
Gunakanlah kabel coaxial yang baik, kabel coaxial yang baik akan bisa mengurangi lose sinyal, dan lebih tahan dengan cuaca hujan dan panas saat dipasang diluar ruangan, Terkadang kabel coaxial ini sering kita anggap remeh sebagai media penghantar kabel yang digunakan untuk antena. Umumnya kabel antena menggunakan impedansi 75 ohm pada pesawat televisi sedangkan untuk pesawat radio biasanya hanya menggunakan impedansi 50 ohm kabel coaxial. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron