Tv Cina Gambar Pudar dan Buram seperti Klise

Tv Cina Gambar Pudar dan Buram seperti Klise

Pada tutorial kali ini saya akan coba membahasa tentang cara mengatasi Tv Cina Gambar Pudar dan Buram seperti Klise. Lebih tepatnya adalah TV china Brand menggunakan IC LA76810A dengan gejala kerusakan gambar tidak focus dan warnanya juga pudar akan tetapi OSD masih normal dan bagus. Langsung saja ya sob tutorialnya supaya tidak lama-lama nunggunya.

Seperti biasa sebelum melakukan proses pemeriksaan dan pengukuran tegangan terlebih dahulu kita bersihkan mainboardnya. Kedua, lakukan pengamatan secara visual dari mainboard beserta komponen, jika memang terdapat komponen yang jelas kelihatan rusak, maka langsung ganti saja. Nah pada kerusakan yang saya alami ini, saya menemukan elcho besar 100mf 400v di area HOT yang sudah kembung dan elcho untuk suply tegangan Video 22mf 250v sudah bocor, lalu keduanya langsung saya ganti. Meski biasanya kerusakan seperti ini juga bisa di akibatkan karena soket CRT pada board RGB yang rusak, tapi disini soket CRT pun sudah saya coba ganti, namun hasilnya juga sama saja seperti sebelumnya.

Selanjutnya lakukan pengukuran tegangan terutama pada tegangan B+ , Lagi-lagi dari pengalaman saya nih…, saya tidak menemukan tegangan yang aneh, semua kurang lebih normalkemudian saya coba atur ulang VR focus pada trafo flyback, tapi hasilnya sama saja/nihil. Kemudian pengukuran berlanjut pada tegangan suply untuk IC prosesor gambar yaitu LA76810A dengan tegangan 5v dan 12v pada pin out IC 7805 dan 7812, hasilnya pengukurannya semua normal-normal saja.

TV ini bandel juga ya…, penelusuran saya lanjutkan lagi, namun kali ini pada beberapa pin IC LA76810A tadi, karena saya curiga IC tersebut sudah tidak normal, kamu bisa lihat gambar dibawah ini supaya mengetahui berapa normal tegangan pada IC LA76810A ketika IC sedang bekerja.

Tv Cina Gambar Pudar dan Buram seperti Klise

 Berikut hasil dari pengukuran saya tadi:
1.Pada pin Aft terukur tegangan naik turun (saya tidak tahu apakah memang demikian), normalnya 2,6v.
2.Pada pin 45 terukur tegangan sangat kecil/drop kurang dari 2 volt.
3.Untuk tegangan pada pin VCC semuanya masih normal.

Karena saya merasa IC LA76810A ini sudah tidak normal, maka mau gak mau saya terpaka ganti dengan yang baru, meski harganya sedikit mahal. Dengan penuh harapan saya coba hidupkan TV itu lagi setelah IC-nya sudah saya ganti, hasilnya byaar…, gambarnya sudah kembali normal. Jika kamu saat ini memang memiliki masalah persis seperti di atas tadi, kamu bisa coba melakukan langkah perbaikan seperti di atas. 

Sekian tips dari saya tentang Tv Cina Gambar Pudar dan Buram seperti Klise, semoga bermanfaat ya…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron