Mengatasi Kerusakan TV LG Slim 21SB6RD-T4 Mati Standby (Bag.2)

Mengatasi Kerusakan TV LG Slim 21SB6RD-T4 Mati Standby (Bag.2)
Sebelumnya saya sudah membahas mengenai bagaimana cara mengatasi Kerusakan TV LG Slim 21SB6RD-T4 Mati Standby yaitu bagian 1. Dengan keluhan yang sama namun dengan kerusakan komponen yang berbeda, kira-kira begitulah. Lebih jelasnya adalah TV bisa nyala sekitar 1 hingga 3-5 Menit, kemudian kembali mati standby lagi.
Seperti yang saya lakukan sebelumnya yaitu dengan memeriksa komponen sana-sini. Namun kali ini saya tidak mendapati IC atau elcho yang rusak seperti perbaikan pada bagian 1. Melainkan setelah saya melakukan pemeriksaan dan cek sana sini, saya  menemukan salah satu resistor yang short/melemah yaitu resistor yang menghubungkan antara +115V pada regulator power supply menuju B+ Flyback. Nilai Resistor tersebut berkisar antara 1.4 Ohm/1W hingga 4.7 Ohm/1W. 

Kerusakan pada resistor memang sangat sulit sekali di deteksi, karena komponen tersebut bisa di bilang masih berfungsi / tidak rusak, hanya saja resistor tadi nilainya menurun/melemah. Inilah yang menyebabkan tegangan yang melaluinya menjadi berkurang dari yang seharusnya. Sehingga mengakibatkan TV tersebut bisa nyala beberapa menit atau bahkan hanya beberapa detik kemudian mati  lagi.

Selanjutnya saya langsung mengganti resistor tersebut dengan nilai yang sama. Dan saya ambil dari mesin TV LG yang sudah rusak di rumah. Maklum saja, jarak toko elektronik dari rumah saya jauh, rugi dong kalau jauh-jauh ke toko elektronik cuma buat beli satu resistor. Mending mencarinya di mesin bekas yang mungkin sudah tidak bisa di perbaiki lagi, dengan catatan mesin mengalami kerusakan yang berbeda.


Kemudian saya hidupkan TV tersebut dan alhamdulillah, TV sudah lang sung nyala dengan normal dan tidak kembali standby lagi.

Sekian tips dari saya tentang Mengatasi Kerusakan TV LG Slim 21SB6RD-T4 Mati Standby (Bag.2). Semoga bisa bermanfaat untuk rekan teknisi yang kebetulan mendapati keluhan atau kerusakan yang serupa. Semoga berhasil ya…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron