Kerusakan TV LG slim model 21SB6RD-T4 Mati Standby (Bag.1)

Kerusakan TV LG slim model 21SB6RD-T4 Mati Standby (Bag.1)

Kerusakan TV LG slim model 21SB6RD-T4 sering sekali mengalami mati protek yang di sebabkan oleh beberapa komponen yang rusak/melemah. Kebetulan topik saya kali ini, saya usung dari pengalaman beberapa hari  lalu. Saat itu saya kedatangan job memperbaiki TV LG slim milik tetangga sebelah dengan keluhan tv nyala sebentar lalu mati lagi. Katanya sih… tv Slim ini sudah cukup lama di pergunakan sekitar 5 tahun-an. Kerusakan ini sudah berlangsung  4 hari yang lalu sebelum bibawah kerumah saya.Dia bilang mulai saat tv tersebut di beli, baru sekarang pertama kalinya mengalami kerusakan/segel masih utuh.

Kemudian tanpa pikir panjang, sayapun langsung melakukan pengetesan dan mencobanya menghidupkan tv tadi untuk memastikan apa kerusakannya.  Dan ternyata memang benar, televisi sempat menyala sebentar kemudian mati lagi/standby. Disini saya melihat sekilas sebelum tv mati lagi, ada cahaya bergaris horizontal melintang di tengah layar. Ini sudah bisa di tebak terdapat kerusakan pada blok sekitar vertikal. Kemudian saya buka tutup belakang /covernya,  dan langsung pemeriksaan beberapa komponen tertuju pada blok Vertikalnya. Tanpa pikir panjang langsung IC verticalnya saya ganti dengan yang baru, kebetulan stok IC vertical jenis ini masih ada.

Setelah IC Vertikalnya saya ganti, lalu tv saya nyalakan lagi untuk kedua kalinya untuk melihat apa sudah ada perubahan setelah penggantian IC vertical. Byaa…r, tv sudah bisa nyala  normal dan sudah tidak kembali mati lagi meski saya nyalakan cukup lama. Saya kira tv sudah beres sudah sembuh, tapi ternyata masih ada gejala lain muncul yaitu di bagian atas Layar TV terdapat garis-garis, ada sekitar 5 smpai 6 garis dari kiri ke kanan. Lalu saya coba meredupkan layar melelui screen flyback, hasilnya garis tersebut semakin pudar/agak hilang. Maka saya lakukan pemeriksaan  lebih lanjut.

Langkah pertama untuk kerusaka yang baru ini, saya lakukan dengan memeriksa beberapa elcho yang memiliki tegangan kecil. Pertama saya ganti elcho di C321 (2200mF/25V) dan masih  belum membuahkan hasil. Berlanjut pada penggantian elcho di C312 (0.68mF/50V), juga masih tetap belum membuahkan hasil. Kemudian saya cek dengan lebih teliti lagi dan saya temukan elcho di C307 (100mF/35V) dekat IC vertical yang tegangannya sudah tidak normal. Langsung saya ganti elcho tadi dengan yang baru dengan kapasitas yang sama. Kemudian saya tv saya hidupkan ke sekian kalinya, dan jreng… tv sudah nyala dengan normal dan garisgaris di atas lar tadi juga sudah hilang.

Karena tv  sudah selesai diperbaiki, pemiliknya pun saya suruh mengambilnya. Asyik…..gajian lagi deh…

Itulah pengalaman saya tentang Kerusakan TV LG slim model 21SB6RD-T4. Dan jika memang anda mendapati keluhan tv yang sama, anda bisa mencoba dari apa yang sudah saya lakukan di atas, tentunya dengan mengambil poin-poinnya saja.

Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron