Cara Menghilangkan Suara Dengung pada Speaker aktif

Cara Menghilangkan Suara Dengung pada Speaker aktif

Berawal dari pengalaman saya memperbaiki speaker aktif beberapa waktu lalu dengan keluhan speaker mengeluarkan suara dengung (ngeground). Waktu itu saya mengira ada komponen yang sudah terbakar pada salah satu sirkuitnya. Tapi setelah saya buka penutupnya, ternyata saya tidak melihat adanya tanda-tanda komponen yang terbakar/rusak secara kasat mata. Terus saya tanya sama pemiliknya gejala seperti ini apakah sudah berlangsung lama atau baru-baru ini. Dia menjawab: saat baru beli speaker aktif ini sudah ada suara dengungan jika di hidupkan meski bisa berbunyi normal. Saya beranggapan bahwa mungkin saat perakitan, ada beberapa komponen yang yang tidak sesuai yang terpasang dan tetap saja di pasang. Maklum speaker jenis ini merupakan speaker aktif lokal dan bukan buatan pabrik. 

Pada dasarnya sirkuit/komponen speaker aktif di bagi menjadi beberapa bagian antara lain:

1.Power suplay
2.Power modul
3.Tone controll
4.Speaker

Analisa pertama atau dugaan lazim dari adanya suara dengung speaker aktif yaitu pada modul power, ada komponen yang rusak biasanya ada transistor  yang terbakar atau elcho yang rusak atau kering. Dan mungkin juga ada komponen lain pada power modul yang short. Namun dari pengalaman saya sedikit berbeda yaitu tidak ada satu pun dari komponen pada power modul yang rusak,short ataupun terbakar.

Perbaikan saya mulai dari cek power modul, dan ternyata masih baik-baik saja alias aman. Kemudian saya lanjutkan dengan memeriksa bagian tone control, disini saya menemukan penyebabnya yaitu tidak adanya grosing/ground yang mengalir pada potensio. Selanjutnya saya mengambungkan ground pada body semua potensio tone control. Hasilnya, suara dengung masih tetap ada hanya saja sudah berkurang. Tinggal sedikit lagi nih…

Karena suara dengung masih belum benar-benar hilang, maka pemeriksaan saya lanjutkan pada bagian power suplay. Disini saya coba mengganti elcho 50volt/10.000uf dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dengan voltase yang sama yaitu 50volt/4.700uf. Kemudian saya coba menghidpkanna sebentar, dan hasilnya suara dengungnya pun sudah hilang dan benar-benar bersih.

Sebenarnya masih banyak penyebab lain dari suara dengung seperti ini. Untuk itu, di butuhkan ketelitian yang ekstra disini untuk melakukan perbaikannya.

Itulah pengalaman saya tentang bagaimana Cara Menghilangkan Suara Dengung pada Speaker Aktif. Semoga apa yang sudah saya share tadi bisa memberi tambahan ilmu untuk sobat.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron