Mengatasi Kerusakan TV Cina Matot dan Rusak Menjalar

Mengatasi Kerusakan TV Cina Matot dan Rusak Menjalar

Cara mengatasi kerusakan TV cina dengan keluhan mati total (matot) yang saya bahas kali ini, adalah tv cina dengan kerusakan yang menjalar (satu masalah selesai timbul lagi masalah lain). Kerusakan jenis ini memang sulit sekali di tebak biang keroknya, untuk memperbaikinya diperlukan lengkah-langkah repair yang dilakukan secara berurutan. Nah kebetulan kerusakan seperti ini saya alami 3 hari yang lalu. Saat itu ada seseorang dari tetangga desa datang kerumah membawa TV cina 14” dan mengeluhkan tv itu gak bisa hidup sama sekali. Awalnya dia sudah merasakan kalau ada keanehan pada tv tersebut saat dinyalakan yaitu gambarnya gak langsung bisa keluar (beberapa menit baru ada gambar), tapi dia pikir itu hal yang wajar karena tv lama “katanya seperti itu”.  Kemudian lama-lama tv itu malah gak bisa hidup/nyala sama sekali. 
Menurut saya paling-paling cuma regulatornya yang rusak, Itu mah gampang…. “kata saya”. Dan karena waktu itu saya masih ada tv yang masih belum selesai, lalu saya suruh menaruhnya disini dulu, mungkin besok sudah selesai dan bisa di ambil. Setelah beberapa jam reparasi tv yang lama tadi sudah selesai, lalu tv yang baru datang tadi langsung saya buka dan saya tes semua tegangan output dari regulatornya. Ternyata memang benar, tegangan dari elcho besar (AC) drop dan beberapa tegangan output regulator juga menjadi kacau bahkan ada salah satu tegangan hilang (0 volt). Hal ini yang mengakibatkan beberapa kinerja seperti flyback, vertival, horizontal, chroma dan lainnya menjadi terganggu. Kemudian saya pun mencari penyebab kerusakan dan menggantinya dengan yang baru.

Tapi apa yang terjadi…? 

Ada kerusakan lain selain regulatornya dan saat itu pula saya baru menyadari bahwa kerusakan tv tersebut sudah menjalar kemana-mana.
Lebih jelasnya dari tv dengan kerusakan menjalar yang saya alami kira-kira seperti ini: 

1.Saat tombol power di pencet, TV gak bisa start bahkan lampu power gak bisa menyala.
2.Beberapa tegangan output regulator kacau balau
3.TV bisa start tapi gambar munculnya lama di sertai bunyi “Sss..tt” dari dalam flyback
4.Panas berlebih seketika pada IC vertical
5.Gambar bisa muncul tapi hanya segaris horizontal posisinya agak di atas (bukan di tengah)

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memutuskan dulu jalur tegangan output regulator yaitu 100 volt, 180 volt, 25 volt, 5 volt dan 12 volt. Kemudian hidupkan tv sebentar sambil tes tegangan pada elcho besar 450 volt 220uf, apakah masih normal atau drop. Dan ternyata tegangannya drop setelah itu saya ganti elcho besar tadi. Lalu saya hidupkan lagi tv-nya dan hasilnya sama saja. Lalu saya cabut 4 diode di dekat elcho tadi dan benar saja, salah satu diode tadi mengalami short. Tanpa pikir panjang langsung saya ganti diode tadi dengan yang baru. Selanjutnya saya nyalakan lagi tv ke tiga kalinya sambil tes tegangan dari elcho dan tegangannnya pun kembali normal.

Setelah itu saya sambung lagi semua jalur tegangan output regulatornya, namun yang terjadi malah tegangan B+ menurun dan disertai bunyi “ciii…t” kecil pada trafo regulator. Penelusuran saya lanjutkan dengan melepas semua kaki-kaki flyback dan saya hidupkan lagi tv-nya sebentar. Ternyata tegangan B+ normal 100 volt. Tapi saya gak mau buru ganti flyback baru karena belum tentu flybacknya yang rusak. Lalu saya solder lagi kaki flyback satu-persatu dan saya tes lagi tegannya,di situ saya menemukan masalah pada salah satu komponen di jalur colektor yaitu Dioda yang short (letaknya di dekat kapasitor). Kemudian saya ganti dioda tadi dan tegangan B+ 100 volt kembali normal.

Masalah lain muncul

Gambar gak muncul-muncul di sertai bunyi “sss…t” pada flyback, bukan itu saja, pada IC vertical mengalami panas berlebih seketika.

Penelusuran berlanjut pada pemeriksaan semua elcho utama pada jalur output regulator diantaranya elcho 160volt 100uf, 200volt 150uf, 35volt 1000uf, 16volt 470uf, 25volt 1000uf. Dan saya menemukan salah satu elcho yang rusak yaitu elcho 200volt 150uf. Lalu saya ganti dengan yang baru, hasilnya gambarpun langsung muncul meski hanya garis mendatar saja, minimal flyback sudah gak berbunyi. 

Masalah belum berakhir sampai disitu saja.

Gambar hanya berupa garis mendatar (horizontal) bukan di tengah melainkan sedikit agak ke atas. IC vertival juga mengalami panas yang berlebih. Tanpa pikir panjang langsung saya ganti karena sudah pasti IC tersebut sudah rusak. Hasilnya IC vertical panasnya sudah gak over lagi namun gambar masih hanya berupa garis datar seperti sebelumnya. Saya lanjutkan lagi penelusuran dengan cek komponen sana sini, akhirnya ketemu biang keroknya yaitu ada sisa solderan sangat kecil yang menempel pada kaki IC vertical yaitu pada pin 4 dan 6. Sepeleh memang….tapi cukup membuat saya kebingungan dan pusing tujuh keliling.

Kemudian saya hidupkan tv ke sekian kalinya dan Alhamdulillah TV-pun bisa nyala dengan sempurna.

Itulah pengalaman saya tentang bagaimana cara Mengatasi Kerusakan TV Cina Matot dan Rusak Menjalar. Jika kamu kebetulan mengalami hal yang sama seperti di atas, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan langkah-langkah seperti di atas. Mungkin dengan begitu masalah kamu untuk mengatasi tv cina yang matot bisa teratasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron