Mengatasi Gambar Pelangi pada TV Polytron MX 5203R

Mengatasi  Gambar Pelangi pada TV Polytron MX 5203R

Jika kamu lihat gambar diatas, pasti kamu juga akan bingung lho kok bisa begitu…Saya juga sama saat pertama kali dapat job beberin tv polytron MX 5203R. Jika dilihat sekilas seperti gambar hanya sedikit tepapar radiasi magnet dari speaker tv. Tapi apa iya, kok pelanginya gak ada di samping malah ada di bawah tepat di tengah. Daripada saya penasaran terus bagimana ngilangin pelangi tersebut, langsung saya cari magnet bekas. Lalu saya dekatin magnet tadi di depan layar dan tak geser kesana kemari tapi hasilnya nihil. Jadi malu nih sama yang punya tv, waduh pasti psti bakalan pusing tujuh keliling nih…,  tapi ada satu jurus lagi, saya suruh ninggal aja tv-nya mungkin besok baru bisa di ambil.

Saya lakukan itu karena mungkin perbaikannya akan memakan waktu yang agak lama karena ini pertama kalinya saya menjumpai kerusakan seperti ini. Tanpa pikir panjang karena waktu adalah uang, sayapun langsung membuka casing belakangnya dan saya bersihkan seluruh bagian mesin seperti biasa.

Dari hasil pemeriksaan yang saya lakukan, saya melihat ada elcho yang sudah mengembung alias metuntung yaitu C408=100mf50v, mungkin ini biang keroknya lalu saya ganti dengan yang baru.  Kemudian TV tak hidupin lagi, seneng pikirku... ! sambil minum es dingin.

Jreeeet….tv sudah hidup, tapi tiba-tiba es dinginnya kok rasanya gak enak banget karena tv masih sama seperti sebelumnya. Pelanginya belum hilang juga, wah sedikit bandel kayaknya tv ini.

Penelusuran saya lanjutkan dan beralih pada ic vertikal , soalnya ic ini langsung panas sekali padahal tv baru di nyalakan. Penggantian ic vertikal AN5522 langsung saya lakukan. Dan teryata setelah ic saya ganti dengan yang baru tv bisa nyala dengan normal. Wuih….tiba-tiba rasa es dinginnya jadi enak lagi.

Namun ada kejanggalan lain diluar kerusakan tadi yaitu saat elcho C402=1mf50v sudah bocor di bagian bawahya. TV kok gak protect ya…(mati standby). Padahal jika pada tv yang sudah menggunakan system proteksi seperti ini, jika rusak sedikit  saja maka tv akan langsung protek. 

Penasaran saya jadinya dan saya lanjutin lagi penelusurannya masih pada area vertical. Oalah….ini toh…, ternyata pada kaki protec ic HBT 01-04G pin62 di beri tegangan 5v yang di ambilkan dari pin 55 dengan di tahan resistor 68 ohm.  

Jadi sebelumny tv ini sudah diservis sama servis lain sebelum di bawah ke saya,  menurut keterangan yang punya tv ini. Lalu saya buang resistor tadi agar proteksinya tidak terganggu. Kemudian saya nyalakan tv-nya dan langsung stenby gak sempat nyala. Akhirya elcho pada C402=50v 1mf saya ganti dengan 50v 4,7mf. Saya coba nyalakan lagi dan tv pun bisa nyala dengan normal seperti sediakala. Pemiliknya saya telpon suruh ambil tv nya,hmmm…gajian lagi nih…

Sekian tips dari saya tentang bagaimana cara Mengatasi  Gambar Pelangi pada TV Polytron MX 5203R. Semoga penjelasan tadi bisa bermanfaat untuk kamu.

Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron