Kinerja Alat Penghemat Listrik 220 Volt (Slow Watt)

Kinerja Alat Penghemat Listrik 220 Volt (Slow Watt)
Alat penghemat listrik 220 volt (PLN) begitulah sebutan umumnya. alat ini juga sudah banyak beredar dipasaran yang bentuknya hampir mirip seperti aki kering dengan dilengkapi colokan stop kontak.

Tapi tahukah kamu bagaimana cara kerja alat ini...?
Cara kerjanya hanya mengurangi besaran cosinus dari kurva arus AC (220) yang akan terbaca di pengukur kilometer (meteran listrik). Alat ini akan bekerja jika terdapat beban AC yang melintas melalui sensor yaitu berupa kumparan kawat untuk mengukur seberapa besar arus AC yang melewatinya.

Singkatnya adalah bagaimana cara agar bisa mereduksi sebesar mungkin puncak (peak) dari besaran kurva AC (sinus maupun cosinus) agar bisa terbaca sedemikian rendah.

Ada beberapa komponen elektronik yang sangat berpengaruh pada arus AC yaitu Induktor dan Capasito. Makadari itu, cobalah mem-filter dahulu arus AC sebelum masuk melalui jaringan listrik di rumah.
Nah kamu juga bisa membuat sendiri alat ini dengan kualitas yang mungkin jauh lebih baik dari pada produk yang di jual di toko.

Cara memasangannya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

Kamu bisa memasangnya dekat dengan kilometer (meteran listrik) karena semakin dekat maka akan kinerjanya akan semakin optimal. Sebelumnya gunakan dulu sebuah kapasitor kapasitor yang cukup bagus kualitasnya untuk antisipasi/keamanan.

Ada dua cara untuk memasang slow watt/alat penghemat listrik ini yaitu di pasang dekat kilometer dan melalui stop kontak, lebih jelasnya lihat skema di bawah ini:

Kinerja Alat Penghemat Listrik 220 Volt (Slow Watt)
Di pasang dekat kilometer
Kinerja Alat Penghemat Listrik 220 Volt (Slow Watt)
Di pasang pada colokan stop kontak

MCB disini berguna untuk mencegah terjadinya korsleting yang diakibatkan oleh kerusakan kapasitor. Kemudian masukan pada kotak atau box plastik yang cukup tebal/kuat. Akan jauh lebih baik lagi jika kapasitor di cor dengan semen atau yang lain. Cor semen disini berguna untuk membuang daya panas yang di hasilkan oleh kapasitor tadi.

Namun di sisi lain alat ini masih sedikit dipertanyakan, Entah di perbolehkan atau tidak oleh pihak PLN. Yang jelas kita hanya menyaring/memfilter arus AC sebelum akhirnya masuk pada jaringan listrik rumah.

Itu tadi tips dari saya tentang alat penghemat listrik dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron