Cara Mengatasi Gambar Kurang Penuh pada TV Cina

Cara Mengatasi Gambar Kurang Penuh pada TV Cina

Banyak sekali jenis kerusakan tv cina yang akhi-akhir ini di keluhkan. Salah satu kerusakan yang sering sekali terjadi pada mesin cina khususnya WCOM adalah gambarnya kurang penuh atas, bawah, kiri dan kanan. Meskipun pada pin horizontal sudah sudah di gonta-ganti, hasilnya sama saja. Mungkin awalnya saya mengira kerusakan ini diakibatkan oleh rusaknya IC vertical. Namun nyatanya setelah saya ganti IC vertical tersebut dengan yang baru hasilnya juga tetap sama yakni gambar masih kurang penuh.

Lantas apa yang penyebabnya…?

Untuk mencari apa penyebabnya, sebaiknya lakukan langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

Periksa solderan
Untuk memastikan tidak ada timah patrian pada komponen yang retak, jika memang ada keretakan, maka lakukan penyolderan ulang pada bagian yang retak tadi. Hati-hati jangan sampai ada bekas solderan yang menempel pada komponen satu ke komponen lain yang tidak seharusnya yang menyebabkan terjadinya hubungan singkat.

Perhatikan kondisi komponen
Perhatikan dengan seksama kondisi komponen yang mungkin rusak. Terutama pada elcho 35volt-470uf, biasanya kakinya copot, sudah kembung atau kering karena dekat dengan panas. Dan periksa juga elcho besar lain seperti  elcho 250volt-200uf dan lainnya. Untuk servis tv cina, sering saya menemukan elcho yang rusak , terutama bagian sekunder power supplay biasa nya elco untuk tegangan tinggi seperti  160 volt atau 250 volt. IC vertical juga harus di periksa apakah rusak atau tidak, karena tidak menutup kemungkinan rusaknya IC vertical yang menjadi penyebabnya. Kerusakan IC vertical dapat diakibatkan karena tegangannya melebihi 24 volt.

Cek tegangan uotput power supply
Terutama tegangan yang menuju ke bagian vertical yaitu 24volt. Jika ada tegangan yang drop dari output power suplay, kemungkinan pada jalur itulah yang menjadi penyebab kerusakannya.

Itulah tips sederhana dari saya tentang Cara Mengatasi Gambar Kurang Penuh pada TV Cina, semoga penjelasan di atas tadi bisa membantu. Jika ada yang perlu di tanyakan silahkan menghubungi saya melalui form contact yang sudah saya sediakan atau menulis pada kolom komentar. Saya akan dengan senang hati membalasnya dan mencoba membantupermasalahan anda.

Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron