Cara Memperbaiki TV Samsung Lampunya Kedip-Kedip

Cara Memperbaiki TV Samsung Lampunya Kedip-Kedip

Topik saya kali ini mengenai bagaimana cara memperbaiki kerusakan pada TV samsung yaitu lempunya cuma kedip-kledip jika pertama di nyalakan.Tv samsung ini merk Zoom Vision Hitron dengan type CB-338CV. Lengkapnya, kerusakan yang terjadi adalah bila tv di nyalakan, gambar tidak mau muncul, hanya lampu indikatornya saja yang nyala, itupun hanya berkedip-kedip, Tv ini menggunakan dua IC yaitu IC program SZM-173EV dan IC crhoma TDA8841S1.

Dari penelusuran saya, saya mendapati pada tegangan B+ terlalu besar dimana untuk tegangan standart B+ adalah 125V. Tapi di sini terukur tegangan B+ 148V. Sudah jelas bahwa terdapat komponen yang rusak pada rangkaian B+ adjustnya. 

Disini saya lihat secara fisik elcho C811=1000uf/25v sudah kembung. Saat saya cabut ternyata bocor bawahnya, selain itu terdapat resistor yaitu R816=120K yang nilainya sudah melar. Kemudian saya ganti komponen yang rusak tadi dengan yang baru dan sayapun menghidupkan sekejap untuk melakukan uji coba apakah sudah bisa nyala atau belum. Hasilnya tv sudah bisa start dan nyala dengan normal, raster pun sudah muncul. Saya cek tegangan B+ sekali lagi untuk memastikan apakah sudah normal/sesuai.

Kemudian saya memasang antenanya, tapi ternyata saat di auto search tidak ada satu siaran yang nyantol hanya ada bintik saja yang kelihatan. Wah...ternyata tv ini sedikit bandel juga sob. Akhirnya saya lakukan pemeriksaan kembali untuk mencari apa penyebabnya. Ternyata, di sini saya mendapati D2903=KA33V keadaannya sudah short. Lalu tanpa pikir panjang, saya pun langsung mengganti komponen tadi dengan yang baru. 

Saatnya melakukan test pada TV tersebut untuk dengan menghidupkannya lagi dengan posisi antena yang manancap seperti sebelumnya. Jebret.... pertama tv start lalu gambar muncul dengan penuh harapan saya coba auto search lagi. Akhirnya siaranpun sudah bisa tertangkap dan bisa tersimpan.

Alhamdulillah.... akhirnya saya bisa gajian lagi, hehehehe.........

Itu tadi tips dari saya tentang Cara Memperbaiki TV Samsung Lampunya Kedip-Kedip, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron