Cara Memperbaiki TV Mati Standby/Protect

Cara Memperbaiki TV Mati Standby/Protect

Produk TV keluaran sekarang ini bisa dibilang kurang bagus bila di bandingkan dengan TV keluaran terdahulu. Pasalnya banyak sekali keluhan dari beberapa konsumen karena tv cepat rusak. Belum lama membeli namun sudah mengalami kerusakan. Meski begitu, tidak di pungkiri bahwa tv model sekarang memang jauh lebih canggih dari tv model sebelumnya.

Mengenai kerusakan tv rusak yang banyak dikeluhkan konsumen sudah pasti di sebabkan rusaknya beberapa komponen pada mesin tv. Hal ini yang mengakibatkan tidak sempurnanya kinerja tv. Sebenarnya ada banyak sekali jenis kerusakan pada tv, salah satunya TV mati stanby atau cuma lampu powernya saja yang bisa nyala. Oleh karena itu di kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara mengatasi tv yang mati stanby/protect. Mungkin dengan penjelasan saya ini, kamu bisa memperbaiki kerusakannya tanpa harus pergi ke tukang servis, lumayan nanti ongkosnya bisa kamu pakai untuk keperluan lainnya.

Apa sih penyebab pasti tv mati stanby…?

Penyebab kerusakan tv seperti ini sebenarnya banyak sekali kemungkinanya, misalnya :
-Terdapat tegangan yang gak stabil, bisa naik juga bisa turun, dan lainnya
-Rangkaian pada IC controlnya lembab atau kotor
-Tidak bekerjanya power suplay secara sempurna/maximal
-Rangkaian OSC dan driver horizontal tidak bekerja
-Ada satu atau beberapa komponen yang short

Kerusakan di atas  hanya beberapa dari sekian banyak kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Namun tv menjadi mati stanby Karena ada system protect untuk antisipasi kerusakan yang lebih banyak. Sistem seperti ini sebagian besar digunakan pada tv bermerk, seperti LG, Sony, Samsung, Polytron, akari dan lainnya.  Cara kerjanya yaitu jika ada salah satu rangkaian/komponden yang bermasalah atau rusak maka system protect akan otomatis berjalan dan memutus sebagian kinerja rangkaian pada mesin tv.

Bagaimana cara memperbaiki tv mati standby ini…?

Jika kamu masih pemula banget dalam hal reparasi tv, saya sarankan untuk memperbaiki yang mudah-mudah saja dulu, seperti:
-Membersihkan rangkaian Ppada IC control dan sekitarnya dengan menggunakan kwas kecil dan tener lalu keringkan, selanjutnya cob hidupkan tvnya
-Kalau tv masih bandel juga, coba cari patrian timah yang mungkin retak dan solder ulang, hati-hati jangan sampai ada yang terhubung singkat (short)
-Periksa juga kaki-kaki IC control dan IC prosesornya, lalu coba lagi hidupkan

TV gak mau nyala juga…?

-Coba periksa tuts-nya, mungkin ada yang short , jika memang ada yang rusak, cabut dan ganti dengan yang baru, coba hidupkan.

Apa masih belum nyala juga…?

-Periksa rangkaian power supply terutama pada tegangan B+ 100volt s/d 115 volt untuk 14” dan 21”, B+ 135 volt s/d 145 volt untuk 28” dan 29”.
-Periksa teg 5 volt atau 3 volt untuk teg IC control dan memori.
-Jangan lupa periksa elcho-nya, terutama elcho yang tegangannya besar atau posisinya dekat dengan komponen panas. Dari pengalaman saya elcho yang mempunyai tegangan besar sangat rentan mengalami kerusakan. Jika terletak dekat komponen panas biasanya akan terlihat kembung bagian atasnya.
-Nah… coba hidupkan lagi tv-nya mungkin sudah bisa nyala.

kalau belum bisa nyala juga, tunggu artikel saya berikutnya tentang Cara Memperbaiki TV Mati Standby/Protect, tentunya dengan pembahasan yang lebih terperinci mengenai kerusakan tv mati standby/protect.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron