Cara Memperbaiki TV LG 29" Slim Regulator Terbakar

Cara Memperbaiki TV LG 29" Slim Regulator Terbakar
Pada tutorial kali ini saya akan coba menjelaskan tentang bagaimana mengatasi regulator TV LG 29" yang terbakar. Tapi saya bingung istilah dari kerusakan ini, yang jelas jika tv dihidupkan listrik rumah langsung mati saat pertama tv di nyalakan. Pengalaman ini saya alami 2 hari yang lalu yaitu sore hari saat menjelang hari raya lebaran dan kebetulan tv ini milik tetangga saya sendiri. Dia mengelukan tv-nya tiba-tiba mati saat enak-enaknya di tonton dan yang lebih dia takutkan listrik rumah langsung mati juga jika tv di hidupkan. Dia mengira mungkin ada kabelnya yang konslet di dalam tv tersebut. Kemudian saya datang ke rumahnya untuk lihat televisi tersebut, tadinya mau saya bongkar di situ tapi gak jadi karena saya yakin gak bakalan langsung sembuh tv tersebut. Lalu saya bawa pulang dengan bantuan dia karena televisinya cukup besar dan berat. 

Saat di rumah langsung saya bongkar televisinya, jika dilihat dengan kasat mata komponennya gak ada yang kebakar. Karena menurut saya kerusakan seperti ini sudah jelas terdapat pada bagian regulator. OH ya... saya lupa, TV LG 29" slim ini regulatornya menggunakan STR W6556A. saya semakin yakin kalau STR tersebut yang menjadi biang keroknya. Yang saya tahu jika pada STR regulator konslet/terbakar akan mengakibatkan terjadinya arus pendek pada tegangan AC 220 volt. Akibatnya listrik rumah juga akan padam/mati seketika jika pertama tv dinyalakan.

Tanpa basa-basi langsung saya ganti STR W6556A dengan yang baru dan penuh keyakinan akan berhasil. Setelah saya ganti STRnya tadi lalu saya nyalakan tv tersebut. Namun apa yang terjadi...? TV masih tetap sama dan masih belum sembuh.

Aduh....opone iki rek seminggu ora mari iki...! tapi saya gak mau menyerah begitu saja "pantang mundur boss" kalu pusing urusan belakangan yang penting kerjaan udah kelar.

Selanjutnya saya coba dengan melepas kabel grosingnya, mungkin dengan melepas kabel grosing tv bisa sembuh. Karena jika kawat/kabel grosing terjadi konslet, maka akan mengakibatkan gejala yang sama. Dengan penuh harapan, saya pun menghidupkan tv untuk kedua kalinya.

Apa yang terjadi...? dusssss.....! ada satu komponen dekat STR langsung kobong/terbakar.

Hadew.....!sambat maneh, satu masalah belum selesai timbul masalah lain lagi.

Ya Allah, berilah hambamu ini petunjuk untuk memperbaiki tv ini, agar tv ini bisa nyala dan sembuh dari sakitnya.

Lalu saya lanjutkan lagi penelusurannya mulai dari cek komponen-komponen kecil lain yang berhubungan dengan regulator sampai elcho besar. Saya cek semua komponen tadi tapi gak ada yang sohrt. Perkiraan saya mungkin masih ada yang terlewat.

Kemudian saya periksa komponen yang lain dengan lebih teliti lagi. Nah...ternyata memang benar ada satu komponen yang luput dari pemeriksaan saya. Dioda mirip sisir menjadi target saya kali ini, namun saya masih belum yakin tv akan sembuh, karena menurut saya dioda ini jarang sekali mengalami kerusakan/short.

Ah...tapi gak ada salahnya kalau dioda tadi juga diperiksa.

Meski saya ragu, tapi apa mau dikata hanya dioda ini yang belum di periksa. Akhirnya saya-pun melepas dioda tadi.

Susah banget nyopotnya karena panas dari solderan saya sudah tidak maksimal lagi "maklum belum ada uang untuk beli yang baru", akhirnya saya rusak sekalian dioda tadi dengan memutus keempat kakinya sampai buntung dan sisa-sisa kaki dioda yang menempel pada PCB juga saya bersihkan.

Saya berfikir mungkin ini adalah langkah terakhir saya memperbaiki tv tersebut. komponen yang terbakar tadi sudah saya ganti dan dioda yang baru-pun saya pasang. Sekali lagi saya berharap setelah mengganti dioda yang baru ini, televisi bisa langsung nyala seperti semula.

Bismillahirrohmanirrohim, saya nyalakan tv ketiga kalinya dan apa yang terjadi...? 

TV-nya bisa nyala dengan sempurna dan sembuh total.

Alhamdulillah, sekali lagi terima kasih Ya Allah, Engkau telah memberikan petunjuk pada hambamu ini.

Karena tv sudah bisa nyala dengan sempurna, dan sudah saya tes sampai beberapa jam tidak ada masalah, lalu saya pasang casingnya. Saya sms pemilik tv tadi agar segera mengambilnya dan berita gembira-pun datang, dia menanyakan berapa ongkos reparasi TV-nya...?, ini yang saya tunggu-tunggu. Terus saya jawab semuanya habis RP 100.000,

Cihuy...! bayaran maneh rek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron