Cara Memperbaiki Regulator Astello/Gacun yang Rusak

kerusakan pada modul switching regulator Astello/Gacun sering disebabkan karena adanya beban yang terlalu berat, overheat/panas berlebihan, salah pemasangan, konslet di bagian sekunder dan lainnya. Jika terjadi short pada FET (Q1), maka arus tegangan akan mengalir langsung ke R2 dan R2 dan akan putus karena kelebihan beban. Dengan terputusnya R2 maka akan mengakibatkan arus tegangan mengalir lagi pada R3, selanjutnya R3 mendapat supply tegangan yang sangat besar sehingga mengakibatkan R3 dan IC rusak/jebol.

Jika terdapat kerusakan pada FET (Q1) atau short, dan R2 menjadi terputus, kemungkinan besar R3 dan IC rusak, maka pada Q1, R2, R3 dan IC harus di ganti dengan yang baru. Tapi jika pada R2 tidak putus atau masih dalam kondisi bagus, maka yang harus di ganti adalah hanya pada IC-nya saja.Lihat gambar berikut ini:

Cara Memperbaiki Regulator Astello/Gacun yang Rusak

Satu lagi yang biasanya sering menjadi kendala untuk memperbaiki Astello /Gacun ini adalah terdapat  komponen yang sulit di dapatkan yaitu FET/Q1. 

Tapi kamu jangan khawatir karena masih ada cara lain untuk mendapatkan komponen tersebut yaitu mencarinya di mesin monitor komputer yang masih bagus dan tentunya sudah tidak terpakai. Karena,  pada monitor komputer biasanya menggunakan power suplay/blog switching sama seperti cara kerja regulator astello/gacun ini.

Apabila waktu kamu tidak ingin membuang waktu dengan mencari komponen kesana-kemari dan belum tentu juga regulator tadi bisa di perbaiki, maka kamu langsung beli saja yang baru, mungkin sekarang harganya kisaran antara 25 ribuan. Tapi juga tidak ada salahnya juga untuk belajar memperbaiki sendiri demi mendapat pengalaman baru.

Sekian tips dari saya tentang bagaimana cara memperbaiki regulator astello/gacun dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Skema Rangkaian Tone Control Pasif dan Gambar Layout PCB

Cara Menambah Transistor Final Power Amplifier

Cara Masuk Mode Servis TV Polytron